Review Performance All new CBR 150R Fi
Saya adalah pengendara All New CBR 150Rlansiran tahun 2011, jadi saat itu saya masih salah satu dari 1000 pembeli pertama CBR 150,
lumayan mas bro and sis, dapat Helm khusus dan Jaket istimewa CBR 150R
hmmm..., kayaknya kita lagsung review aja performa si baby Fireblade ini.
pertama kali saya menaiki CBR ini saya merasakan kenyamanan yang belum pernah saya rasakan di motor lain, mulai dari tinggi jok yang pas buat saya, jarak stang kemudi yang tidak terlalu jauh, dan juga jok yang empuk. Mesin saya nyalakan dan terdengar suara mesin 4-stroke, 150cc, DOHC, 4-valve, silinder tunggal, berpendingin cairan (liquid-cooled) dengan Auto Fan. suara mesinnya cukup halus, sesekali saya membuka tutup gas dengan dalam keadaan gigi netral. suaranya halus sekali, suara knalpot juga sangat nyaman ditelinga dengan suara ngebas, kemudian saya coba bawa jalan, masuk gigi satu, yang saya rasakan torsinya sedikit lemot, mungkin pengaruh ban yang gambot
Motor saya arahkan menuju jalanan lurus sepanjang 5KM didaerah saya (pulau bintan), pertama-tama saya menelusuri jalan tidak lebih dari 80KM/jam. wow... motor sangat nyaman untuk dikendarai, walau sedikit menunduk.saat sudah sekitar 4KM saya coba berhenti dan balik arah, rasanya saya penasaran pingin ngebut, sebagai informasi mas bro n sis, km pada speedo meterbaru menunjukkan jarak tempuh 6,1KM artinya motor ini seharusnya belum bisa diajak ngebut, karena harus melalui proses penyesuaian mesin alias inreyen. tapi saya berpikir, wong saya pernah jalan2 ke pabrik honda, pengetesannya juga motor diperkosa begitu hehehe. jadi seharusnya engineer honda pasti sudah mempertimbangkan apabila motornya di buat ngebut
jadi langsung aja saya tarik gas pada gigi satu sampai 6000rpm trus shifting ke gigi 2 detailnya adalah sebagai berikut
gigi 1, rpm 6000 speed 30km/jam
gigi 2, rpm 11500 speed 76 km/jam
gigi 3, rpm 11500 speed 104 km/jam
gigi 4 rpm 11500 speed 127km.jam
gigi 5 rpm 11500 speed 145 km/jam
gigi 6 rpm 10500 speed 151 km/jam
jarak tempuh mencapai speed tersebut 1.5 KM (speedo meter menunjukkan adanya penambahan dari 6,1km menjadi 7,6KM), posisi dagu menempel di tangki dibalik windshield (alias nunduk hoho)
bahan bakar yang digunakan adalah pertamax plus dalam keadaan tangki penuh
Kalo di hitung2 mas bro, performance si baby fireblade ini sebenarnya sangat bagus, apalagi ketika digeber diatas 8000rpm suara mesinnya sangat enak didengar, mirip raungan suara motoGP masbro n sis... hehe
cuman sayang, saya gak bisa buktikan melalui gambar atau video, mungkin mas bro n sis, ada juga yang sudah pernah coba si baby Fireblade ini, so ditunggu komennya
Spesifikasi
Panjang X lebar X tinggi : 1,977 x 701 x 1,130 mm
Jarak Sumbu Roda : 1310 mm
Jarak terendah ke tanah : 190 mm
Berat kosong : 138 kg
Tipe rangka : Twin Tube Diamond
Tipe suspensi depan : Telescopic
Tipe suspensi belakang : Suspensi Tunggal (Monoshock)
Ukuran ban depan : 100/80 - 17M/C 52P (Tubeless)
Ukuran ban belakang : 130/70 - 17M/C 62P (Tubeless)
Rem depan : Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
Rem belakang : Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
Kapasitas tangki bahan bakar : 13.1 liter
Tipe mesin : CS150RE, Liquid-Cooled, 4-Stroke, DOHC, Single Cylinder
Diameter x langkah : 63.5 x 47.2
Volume langkah : 149.4
Perbandingan Kompresi : 11.0 : 1
Daya Maksimum : 13,11 kW (17,8 PS)/ 10.500 rpm
Torsi Maksimum : 12,66 Nm (1,29 kgf.m)/ 8.500 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
Kopling Otomatis : Manual, Wet Multiplate with Coil Springs
Gigi Transmsi : 6 Kecepatan
Pola Pengoperan Gigi : 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 - 6
Starter : Elektrik Starter
Sistem Pengapian : Full Transisterized
berikut penampakan motor saya,
mantaf bro...
ReplyDeletehati-hati kalo ngebut di jalan raya