Honda CBR150R vs Yamaha YZF-R15 V2.0
CBR150R Honda mencoba untuk
merebut mahkota Yamaha YZF-R15 V2.0 's sportsbike
Hasil uji test di sirkuit menunjukkan bahwa Honda CBR150R vs Yamaha
YZF-R15 V2.0 yaitu untuk Sebagai sportsbike penggunaan sehari-hari, R15
unggul bebanding CBR 150R, tapi berbeda jika berada di sirkuit, bayi Fireblade
CBR 1000RR ini memang terbukti jagonya sirkuit
Seni pemakaian power
Seperti R15V2.0 Yamaha, CBR ini didukung oleh motor berkapasitas150cc 4-stroke. Namun, mesin Honda tampaknya
lebih cocok untuk trek balap. Sebuah stroke pendek, kompresi lebih tinggi,
mesin DOHC dan pengapian digital semua ini bertujuan kepada kinerja puncak yang
lebih baik.
Hasil akhirnya adalah bahwa tenaga kuda Honda sedikit lebih besar. Keunggulannya
yaitu tenaga power to weight dengan Yamaha sedikit lebih kecil. Raungan rpm
honda lebih tinggi dengan kinerja putaran atas yang lebih tinggi. Hal ini
menguntungkan CBR150R karna hal ini sudah pasti membuatnya mampu bertarung
dalam ajang balapan.
di trek motor Honda merasa benar-benar baik, karena jeritan melalui
rentang putaran nya.Dibandingkan dengan R15 waktu tempuh CBR lebih cepat untuk 100kph
dari diam. Kelebihanini akan terlihat pada tiap putaran tipa lap yang
lebih cepat. Terbalik dengan gearing
torsi tinggi dan akhir CBR yang lebih kecil membuatnya harus bekerja lebih keras untuk meraung dalam
mendapatkan tenaga. Ketika menikung CBR kurang tanggap terhadap bukaan gas,
terutama ketika akan keluar dari tikungan, sementara terasa lebih hidup,
kombinasi torsi heftier dikembangkan lebih dalam putaran +
rpmendah dalam kisaran rev dan lebih bermanfaat gearing. Data yang
dikumpulkan di Sriperumbudur menunjukkan itu adalah sepeda yang tetap maju dan
membangun kecepatan lebih cepat di beberapa bagian trek ini teknis.
Kemampuan menikung
Kedua sepeda menggunakan frame perimeter deltabox, garpu teleskopik di
depan dengan monoshock di bagian
belakang. Ergonomi CBR lebih baik daripada R15. Jangkauan dari kursi
ke clip-on setang yang dekat sehingga pengendara memiliki lebih banyak ruang. Kemudi
terasa ringan, dan mudah mengikuti irama pengendara, dan untuk ini Honda cukup
meyakinkan.
Di R15, kokpit bisa tampak sedikit lebih sempit, meskipun pada trek
Yamaha terasa lebih cocok. R15 menawarkan lengan ayun paduan cor sedangkan
Honda menggunakan unit bagian kotak, dan terkait dengan mono-shock lebih unggul
juga, dengan ban MRF radial belakang memberikan kita pegangan jauh lebih banyak
daripada CBR.
Sisi positif dari posisi duduk agresif Yamaha lebih unggul di sisifront-end. CBR
sepertinya bukan di peruntukkan untuk trek berbeda dengan performa mesinnya.
Kedua sepeda motor ini bahkan dalam hal memamerkan terlihat sangat bersemangat
dan fitur yang lebih dari cukup untuk segmen mereka. Namun, bukan hal itu
yang dibahas disini melainkan kemampuannya dalam uji trek, jadi untuk itu sudah
bisa di tentukan siapa yang lebih baik di trek untuk kedua jagoan Honda dan
Yamaha ini, satunya bermesin untuk kompetisi tapi handling buat harian, dan
satu lagi handling sirkuit tapi performanya hanya untuk jalanan biasa
Yang mana jagoan anda?
No comments:
Post a Comment