Yamaha Xeon Putih |
Lewat website resmi Yamaha di Jepang, dipastikan kalau gambar Yamaha Mio
125i di Thailand adalah benar adanya. Mio 125i adalah nama untuk pasar
Thailand, sedang di Indonesia dikenal dengan nama Xeon 125. Besar kemungkinan
juga Mio 125i terbaru di Thailand juga akan dijadikan pengganti Xeon yang kini
dijual di tanah air.
Terlebih, foto-foto spyshoot yang banyak beredar di dunia maya memiliki banyak kemiripan dengan foto yang telah resmi dirilis oleh Yamaha Jepang ini. Dalam press realese-nya, Yamaha Motor Co.,Ltd ,menjelaskan kalau motor barunya ini akan dipasarkan di Thailand pada pertengahan bulan Oktober 2012.
Dan ditargetkan terjual hingga 60.000 unit. Di negeri Gajah Putih ini, Mio 125i akan bersanding dengan matik-matik baru Yamaha lainnya seperti Mio115i, TTX dan Nouvo SX.
Mio 125i ini akan tetap menggunakan mesin 125 cc 4-tak dengan radiator tapi sudah dilengkapi dengan injeksi bahan bakar. Yamaha mengklaim matik baru ini memiliki empat keunggulan bila dibandingkan dengan varian sebelumnya. Yang pertama adalah aplikasi teknologi injeksi bahan bakar YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection).
Teknologi ini memiliki dua katup kupu-kupu di throttle body-nya. Pada putaran rendah satu katup kupu-kupu akan terbuka mengalirkan udara lewat selang air assist. Fungsinya memberikan suplai udara yang sesuai dengan kebutuhan mesin. Dengan YMJET-FI, Yamaha yakin motornya akan lebih hemat bahan bakar dan memberikan karakter akselerasi yang halus.
Kedua adalah transmisi baru yang lebih responsif tapi tetap halus sesuai dengan input bukaan gas sang pengendara. Keunggulan ketiga adalah bobotnya yang lebih ringan 3 kilogram bila dibandingan dengan model sebelumnya. Efek yang ingin didapat adalah mudah dan menyenangkan pada handling-nya.
Dan keempat adalah pemilihan ban yang memiliki rolling resistance rendah. Kenyamanan dan konsumsi bahan bakar yang baik. Apakah semua keunggulan ini akan ada di Xeon 125 injeksi, kita tunggu saja!
Terlebih, foto-foto spyshoot yang banyak beredar di dunia maya memiliki banyak kemiripan dengan foto yang telah resmi dirilis oleh Yamaha Jepang ini. Dalam press realese-nya, Yamaha Motor Co.,Ltd ,menjelaskan kalau motor barunya ini akan dipasarkan di Thailand pada pertengahan bulan Oktober 2012.
Dan ditargetkan terjual hingga 60.000 unit. Di negeri Gajah Putih ini, Mio 125i akan bersanding dengan matik-matik baru Yamaha lainnya seperti Mio115i, TTX dan Nouvo SX.
Mio 125i ini akan tetap menggunakan mesin 125 cc 4-tak dengan radiator tapi sudah dilengkapi dengan injeksi bahan bakar. Yamaha mengklaim matik baru ini memiliki empat keunggulan bila dibandingkan dengan varian sebelumnya. Yang pertama adalah aplikasi teknologi injeksi bahan bakar YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection).
Teknologi ini memiliki dua katup kupu-kupu di throttle body-nya. Pada putaran rendah satu katup kupu-kupu akan terbuka mengalirkan udara lewat selang air assist. Fungsinya memberikan suplai udara yang sesuai dengan kebutuhan mesin. Dengan YMJET-FI, Yamaha yakin motornya akan lebih hemat bahan bakar dan memberikan karakter akselerasi yang halus.
Kedua adalah transmisi baru yang lebih responsif tapi tetap halus sesuai dengan input bukaan gas sang pengendara. Keunggulan ketiga adalah bobotnya yang lebih ringan 3 kilogram bila dibandingan dengan model sebelumnya. Efek yang ingin didapat adalah mudah dan menyenangkan pada handling-nya.
Dan keempat adalah pemilihan ban yang memiliki rolling resistance rendah. Kenyamanan dan konsumsi bahan bakar yang baik. Apakah semua keunggulan ini akan ada di Xeon 125 injeksi, kita tunggu saja!
Spesifikasi Yamaha Xeon 125
MACHINE
Tipe Mesin
|
:
|
4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Cairan
|
Jumlah / Posisi Silinder
|
:
|
Cylinder Tunggal / Mendatar
|
Volume Silinder
|
:
|
124,9 cc
|
Diameter x Langkah
|
:
|
52,4 × 57,9 mm
|
Perbandingan Kompresi
|
:
|
10,9 : 1
|
Daya Maksimum
|
:
|
8,05 kW / 8500 rpm
|
Torsi Maksimum
|
:
|
10,10 Nm / 7000 rpm
|
Sistem Starter
|
:
|
Electric Starter dan Kick Starter
|
Sistem Pelumasan
|
:
|
Basah
|
Kapasitas Oli Mesin
|
:
|
Total : 0,9 Liter / Penggantian Berkala : 0,8
Liter
|
Sistim Bahan Bakar
|
:
|
Karburator BS26 x 1
|
Tipe Kopling
|
:
|
Kering, Kopling Sentrifugal
|
Tipe Transmisi
|
:
|
V-belt Otomatis
|
Pola Pengoperasian Transmisi
|
:
|
CVT Otomatis
|
CHASIS
Tipe Rangka
|
:
|
Pipa Baja Tulang Bawah / Steel Tube Underbone
|
Suspensi Depan
|
:
|
Teleskopik
|
Suspensi Belakang
|
:
|
Unit Swing, Suspensi Tunggal
|
Ban Depan
|
:
|
70/90-14M/C 34P
|
Ban Belakang
|
:
|
80/90-14M/C 40P
|
Rem Depan
|
:
|
Cakram
|
Rem Belakang
|
:
|
Tromol
|
ELECTRICITY
Sistem Pengapian
|
:
|
DC-CDI
|
Battery
|
:
|
YTZ4V-MF (MF Battery)
|
Busi
|
:
|
CR7E / NGK
|
DIMENSION
P x L x T
|
:
|
1.850 mm x 685 mm x 1.060 mm
|
Jarak Sumbu Roda
|
:
|
1.260 mm
|
Jarak Terendah Ke Tanah
|
:
|
125 mm
|
Tinggi Tempat Duduk
|
:
|
750 mm
|
Berat Isi
|
:
|
103 kg
|
Kapasitas Tangki Bensin
|
:
|
4,1 Liter
|
No comments:
Post a Comment