Monday, October 22, 2012

Kelebihan Yamaha Xeon

Yamaha Xeon Putih


Lewat website resmi Yamaha di Jepang, dipastikan kalau gambar Yamaha Mio 125i di Thailand adalah benar adanya. Mio 125i adalah nama untuk pasar Thailand, sedang di Indonesia dikenal dengan nama Xeon 125. Besar kemungkinan juga Mio 125i terbaru di Thailand juga akan dijadikan pengganti Xeon yang kini dijual di tanah air.


Terlebih, foto-foto spyshoot yang banyak beredar di dunia maya memiliki banyak kemiripan dengan foto yang telah resmi dirilis oleh Yamaha Jepang ini. Dalam press realese-nya, Yamaha Motor Co.,Ltd ,menjelaskan kalau motor barunya ini akan dipasarkan di Thailand pada pertengahan bulan Oktober 2012.

Dan ditargetkan terjual hingga 60.000 unit. Di negeri Gajah Putih ini, Mio 125i akan bersanding dengan matik-matik baru Yamaha lainnya seperti Mio115i, TTX  dan Nouvo SX.

Mio 125i ini akan tetap menggunakan mesin 125 cc 4-tak dengan radiator tapi sudah dilengkapi dengan injeksi bahan bakar. Yamaha mengklaim matik baru ini memiliki empat keunggulan bila dibandingkan dengan varian sebelumnya. Yang pertama adalah aplikasi teknologi injeksi bahan bakar YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection).

Teknologi ini memiliki dua katup kupu-kupu di throttle body-nya. Pada putaran rendah satu katup kupu-kupu akan terbuka mengalirkan udara lewat selang air assist. Fungsinya memberikan suplai udara yang sesuai dengan kebutuhan mesin. Dengan YMJET-FI, Yamaha yakin motornya akan lebih hemat bahan bakar dan memberikan karakter akselerasi yang halus.

Kedua adalah transmisi baru yang lebih responsif tapi tetap halus sesuai dengan input bukaan gas sang pengendara. Keunggulan ketiga adalah bobotnya yang lebih ringan 3 kilogram bila dibandingan dengan model sebelumnya. Efek yang ingin didapat adalah mudah dan menyenangkan pada handling-nya.

Dan keempat adalah pemilihan ban yang memiliki rolling resistance rendah. Kenyamanan dan konsumsi bahan bakar yang baik. Apakah semua keunggulan ini akan ada di Xeon 125 injeksi, kita tunggu saja!


Spesifikasi Yamaha Xeon 125

MACHINE
Tipe Mesin
:
4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Cairan
Jumlah / Posisi Silinder
:
Cylinder Tunggal / Mendatar
Volume Silinder
:
124,9 cc
Diameter x Langkah
:
52,4 × 57,9 mm
Perbandingan Kompresi
:
10,9 : 1
Daya Maksimum
:
8,05 kW / 8500 rpm
Torsi Maksimum
:
10,10 Nm / 7000 rpm
Sistem Starter
:
Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan
:
Basah
Kapasitas Oli Mesin
:
Total : 0,9 Liter / Penggantian Berkala : 0,8 Liter
Sistim Bahan Bakar
:
Karburator BS26 x 1
Tipe Kopling
:
Kering, Kopling Sentrifugal
Tipe Transmisi
:
V-belt Otomatis
Pola Pengoperasian Transmisi
:
CVT Otomatis

CHASIS
Tipe Rangka
:
Pipa Baja Tulang Bawah / Steel Tube Underbone
Suspensi Depan
:
Teleskopik
Suspensi Belakang
:
Unit Swing, Suspensi Tunggal
Ban Depan
:
70/90-14M/C 34P
Ban Belakang
:
80/90-14M/C 40P
Rem Depan
:
Cakram
Rem Belakang
:
Tromol

ELECTRICITY
Sistem Pengapian
:
DC-CDI
Battery
:
YTZ4V-MF (MF Battery)
Busi
:
CR7E / NGK

DIMENSION
P x L x T
:
1.850 mm x 685 mm x 1.060 mm
Jarak Sumbu Roda
:
1.260 mm
Jarak Terendah Ke Tanah
:
125 mm
Tinggi Tempat Duduk
:
750 mm
Berat Isi
:
103 kg
Kapasitas Tangki Bensin
:
4,1 Liter

No comments:

Post a Comment